Wednesday, 11 March 2015

Penyetelan Feeder dan Delivery Mesin Cetak Offset


                                         PRESS FEEDERS DAN PRESS DELIVERY


PRESS FEEDERS.

          Unit yang tugasnya untuk penempatan kertas yang akan dicetak, kemudian secara teratur memasukkan kertas itu kedalam mesin untuk dicetak, disebutnya press feeders. Kecepatan masuknya kertas kedalam mesin selalu mengikuti kecepatan mesin cetak itu hingga dengan demikian kertas dapat masuk kedalam mesin secara teratur sekali.
Kertas yang akan dicetak ditempatkan diatas (stock table) secara teratur menurut jumlah kertas yang akan dicetak. Pada waktu mesin berputar papan kertas itu akan gaik dengan sendirinya dan feeder memisahkan lembaran kertas yang paling atas dari tumpukan itu untuk kemudian diteruskan kedalam mesin.
         Tumpukan kertas bagian atas itu ditiup angin yang keluar dari side blower hingga kertas pada bagian atas itu dipisahkan oleh angin yang menghembus tadi. Disamping hembusan angin dibantu dengan roda yg berputar yang disebut comber, Kertas yang telah dipisahkan dari tumpukan itu diisap oleh suckers,diangkat sedikit kemudian didorong kedepan, dan melalui forwarding wheel(paper feed roll)dibawa keatas feed table. Dengan didorong oleh streem feeder yg ada diatas feed table kertas bergerak maju tecaof? beruntun, dan tiap2 kali kertas akan membentur front dtn didorong kesam.
ping kemudian ditahan oleh side guide. Jika kertas letaknya sudah tepat diambil oleh gripper yang berputar mengikuti impression cylinder. Pada mesin2 yang baru, bila kertasnya tidak teratur dan rangkap dua atau lebih, mesin akan berhenti sendiri dan kertas tidak jalan meskipun printing unit masih berputar.
       Kertas yg akan dicetak itu akan berjalan dengan lancar bila kertas sebelum ditem patkan diatas stock table sudah diatur (dipisahkan antara lembar yang satu dengan yang lain). Pada waktu menempatkan kertas
keatas panan, kell kertas ojmsahkan supava tidak lengkct. kertas yang bergelombang sering juga menghambat kerjanya press feeders.

                                                                                                                                          Hal 01

MENGIS/ KER TAS

       Tempat pengisian kertas pada mesin cetak(press feeders) itu peka sekali pengaruhnya terhadap kelancaran Jalannya mesin. Karena itu pencetak harus mengetahul tata kerja alat tersebut dengan baik. Tumpukan kertas yang rapi dan lembdran kertas yang tidak lengket satu sama lain akan membantu kelancaran tersebut diatas. Untuk menghtndari kelengketan kertas, sebelum ditumpuk, dikibaskan dahulu supaya kertas2 yang saling melekat dapat terlepas dan permukaan kertas yang bergelombang djratakan. Penyusunan kertas dcatas papan kertas harus tegak lurus pada tahanan besi yang terletak disebeiah samping, dan pengisiannya sedikit-sedikit. Setelah kertas ditempatkan pada papan atau tumpukan kertas, lalu didorong kesamping pada tahanannya. diasanya pada mesin2 Yong kecil, penempatan kertas dilakukan langsung dimesin.
       Papan kertas diturur$an dengan putaran tangan atau menekan tom bol yang bersangkutan. Ambillah selembar kertas dari tumpukan kertas yang akan dicetak dan lipatlah ditengah. tengah sebagai pedoman untuk penempatan kertas yang akan dicetak pada mesin yang akan dipakai. Tempatkan kertas itu dl-tengah2 pada papan kertas mesin. Apabila tahanan sampmg(zijaanleg/stde guide) itu dorongan(duw-aanleg) maka penempatan kertas 3mm—6mm kearahtdhanan samping dan tengah2 papan kertas.
       Tetapi bila tahanan samping itu tarikan(trekaanleg) maka letak kertas 3mm—6mm berlawanan arah dari tengah2 papan kertas.Setelah menentukan letak kertas pada papan kertas, barulah kertas disusun. Pada mestn yang besar, penyusunan kertas dapat dilakukan diluar mesin pada papan cadangan, dan setelah tumpukan yang dimesin tercetak semuanya, pa.pan kertas yang kosong diganti dengan papan yang sudah diisi. Bahkan pada rnesin yang baru pengisian kertas yang baru dapat disiapkan tanpa member.hentikan mesin yang sedang berputar dan disebutnya non stop feeder. Selesai penglslan kertas, papan dinaikkan dengan menekan tombol atau dengan putaran tangan.

                                                                                                                                          Hal 02

No comments:

Post a Comment